Tutorial Android

Cara Mengatur Administrator di Android

Cara Mengatur Administrator di Android – Seperti yang kita ketahui bahwa Device Adminstrator adalah sebuah fitur yang pertama kali di hadirkan oleh Google pada saat perilisan Android Froyo versi 2.2. fitur tersebut telah diberikan hal terhadap sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengendalikan suatu perangkat hingga pada level sistem seperti melakukan proses penghapusan data melalui jarak jauh maupun untuk melakukan penggantian password.

Cara Mengatur Administrator di Android

Cara Mengatur Administrator di Android

Aplikasi yang telah diberikan hak atau kewenangan sebagai administratror pada perangkat tersebut secara umum terdapat pada sebuah aplikasi bawaan dari sistem operasi android yaitu Android Device Manager yang dapat berfungsi untuk keamanan jika smartphone Android tersebut hilang. Namun fitur dengan memiliki kemampuan tersebut sering kali di manfaatkan oleh malware untuk melakukan eksploitasi pada perangkat tersebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar dapat mencegah hal tersebut?

Nah, untuk menjaga keamanan ponsel atau smartphone Android yang hilang, maka anda dapat mencegahnya dengan melakukan beberapa tips dan trik berikut ini.

Cara Mengatur Administrator di Android

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan pertama kali yaitu, masuk ke menu setting => pilih Security => masuk ke Device Administrator.
  • Setelah anda masuk, maka anda akan dapat menemukan aplikasi apa saja pada smartphone Android anda yang membutuhkan hak administrator agar perangkat yang anda miliki dapat berjalan dengan baik dan lancar.
  • Salah satu aplikasi anti-theft yang biasanya membutuhkan hak atas administrator pada perangkat tersebut agar dapat mengendalikan smartphone yang hilang tersebut dari jarak jauh. Maka sebagai pengguna, tentunya anda harus lebih berhati-hati agar tidak memberikan hak administrator perangkat anda jika ada sebuah aplikasi yang memintanya.
  • Untuk dapat mengetahui malware yang memiliki hak administrator pada perangkat yang tersembunyi, maka anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Hidden Device Admin Detector pada Trend Micro dengan menekan tombol “Click Here to Scan”.
  • Setelah melakukan proses pemindaian selesai dilakukan, maka biasanya aplikasi tersebut akan memberikan pemberitahuan kepada anda dengan menanyakan, apakah perangkat yang anda miliki tersebut memiliki aplikasi dengan hak administrator tersembunyi atau tidak.
  • Selesai

Setelah anda mengaktifkan fitur Device Manager pada ponsel Android anda, anda juga harus melakukan pengaturan anti maling. Fitur ini di buat oleh google dengan menggunakan halaman pengelola pada perangkat Android. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu anda harus dalam keadaan login kr skun Google yang biasa anda gunakan untuk masuk ke akun pada smartphone anda.

Cara pengaturannya yaitu dengan masuk ke halaman pengaturan anti maling, maka anda akan menemukan sebuah peta dan juga sebuah kotak yang berisi informasi mengenai ponsel android yang telah terhubung ke akun Google anda. Pada halaman pengaturan tersebut, anda akan menemukan informasi dan juga beberapa pilihan yang dapat anda terapkan pada smartphone Android yang telah hilang, diantaranya yaitu :

Lokasi ponsel terbaru saat ini. Untuk melakukan pengaturan pada fitur ini sering kali mengalami kendala, meski fitur GPS yang ada pada ponsel anda sudah di aktifkan. Selain itu, ternyata anda juga harus mengaktifkan izin akses yang digunakan untuk melakukan akses lokasi pada halaman pengaturan google. Caranya yaitu, masuk ke halaman Google Setting => pilih lokasi => Laporan lokasi dan riwayat lokasi.

Baca Juga : 

Setelah itu, deringkan fitur tersebut agar ponsel anda dapat berdering selama lima menit dengan menggunakan volume suara penuh. Pada saat anda memilih fitur ini, untuk mengehtikan suara deringan tersebut dapat dengan menekan tombol power.

Selain itu, anda juga dapat melakukan reset ulang ke settingan bawaan untuk menghapus data pada ponsel tanpa adanya peringatan termasuk pada sdcard.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Demikianlah tutorial yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengatur Administrator di Android, semoga informasi yang telah kami bagikan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda semua.

Cara Mengatur Administrator di Android | admin | 4.5