Tutorial Android

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy saat ini begitu mudah mengingat perkembangan jaman dan teknologi telah berkembang pesat. Berbeda dengan dulu yang banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan proses pengetikan ulang dari dokumen cetak untuk dilakukan penyalinan dan mengubahnya menjadi sebuah file yang dapat anda simpan pada memori harddisk PC, laptop atau flashdisk. Namun sekarang, jika anda ingin mengubah dokumen cetak menjadi Soft Copy, maka anda sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pengetikan ulang yang tentunya dapat menyita waktu apalagi jumlah dokumen yang hendak disalin cukup banyak.

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Bagi teman-teman yang masih baru belajar dalam dunia komputerisasi, maka mungkin anda masih bingung dan belum mengenal istilah dari Soft Copy dan Hardcopy. Untuk itu, sebelum kami menjelaskan lebih lanjut mengenai cara mengubah dokumen cetak jadi Soft Copy, kami akan mencoba mengenalkan istilah Soft Copy dan Hardcopy terlebih dahulu kepada teman-teman semua untuk menambah pengetahuan dalam dunia komputer. Ok, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Istilah Soft Copy dan Hardcopy

Pada awalnya istilah dari Soft Copy dan juga Hard Copy ini memang menjadi istilah yang masih belum banyak masyarakat umum yang memahaminya, namun bagi mereka yang sering berkecimpung dalam urusan per komputeran pastinya pelan-pelan akan mengerti dengan istilah-istilah tersebut. Saya proibadi pun pada awalnya sama sekali tidak mengerti bahkan mendengar istilahnya saja merasa sangat asing karena pada waktu itu saya pribadi masih sangat pemula dalam mengoperasikan perangkat komputer.

Namun setelah saya lebih serius dalam mengenal komputer dan juga berbagai perangkat pendukungnya, sedikit demi sedikit saya pun akhirnya mengerti dan paham dengan dua istilah Soft Copy dan Hardcopy. Setalah saya mengerti dengan istilah tersebut, ternyata jika di jabarkan sangat simpel dan mudah untuk kita pahami dan ternyata alat untuk melakukan Soft Copy dan juga Hard Copy ini sering kita jumpai dalam keseharian kita, hanya saja nama dari istilahnya yang sedikit berbeda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian dari istilah Soft Copy dan juga Hardcopy agar mudah untuk anda pahami. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya dibawah berikut ini.

1. Pengertian Soft Copy

Soft Copy adalah suatu bentuk terbaru dari sebuah dokumen yang telah diubah menjadi bentuk file digital. Dengan hadirnya sebuah perangkat komputer, maka istilah dari Soft Copy ini mulai muncul dan sering digunakan di dalam kegiatan perkantoran, pemerintahan, pendidikan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan sebuah dokumen. Keuntungan dari sebuah dokumen yang telah diubah menjadi berbentuk Soft Copy, maka kita dapat mengirim data lebih cepat melalui email dan juga dapat disimpan dalam hadrdisk maupun flashdisk dengan menggunakan format teks digital, format gambar ataupun menggunakan file berformat presentasi lain seperti PDF, file xlx, file doc dan juga dalam bentuk file digital lainnya.

Pengertian Soft Copy

Pengertian Soft Copy

Sebenarnya ada banyak sekali keutungan dari menggunakan sistem data Soft Copy ini, karena dapat membuat lingkungan pada paperless office. Namun saat ini kredibilitas terhadap sebuah dokumen lunak hingga saat ini masih sangat dipertaruhkan. Terlepas dari kenyataannya bahwa saat ini sistem tanda tangan digital sudah mulai diperkenalkan, namun tanda tangan yang masih pada bentuk Soft Copy masih belum bisa dianggap sebagai keaslian dari sebuah dokumen dan juga tidak mengotentikasi pada kredibilitas sebuah dokumen.

2. Pengertian Hard Copy

Hard Copy adalah kebalikan dari istilah Soft Copy adalah sebuah istilah yang jika kita artikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu “Salinan Keras”. Dengan demikian Hard Copy merupakan sebuah kebalikan dari istilah Soft Copy yang menjadi tempat untuk proses penyimpanan data yang telah dikelola menggunakan komputer, sedangkan Hard Copy sendiri merupakan ruang atau tempat untuk data yang telah tersimpan tersebut yang nantnya dapat dikeluarkan dalam bentuk fisik atau kertas yang dikenal dengan istilah lainnya yaitu di print. Jadi setelah data atau dokumen yang telah selesai dibuat (Soft Copy), maka setelah data atau dokumen tersebut keluar atau dicetak dalam bentuk kertas melalui proses print (Hard Copy).

Bagaimana, apakah penjelasan tentang kedua istilah diatas cukup jelas? Meskipun kedua istilah tersebut hampir sama, namun memiliki makna yang berbeda tentunya. Sangat mudah bukan untuk memahaminya? Semoga saja penjelasan dari materi yang telah saya sampaikan diatas tidak membuat anda bingung dan bisa bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan teman-teman semua yang masih pemula di dunia komputer.

Sesuai dengan judul dari postingan diatas, pembahasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy. Jika dulu kita harus melakukan pengetikan ulang secara keseluruhan dokumen yang akan kita salin, namun sekarang anda bisa melakukan Soft Copy dengan cara yang sangat sederhana dan tentunya lebih cepat cukup dengan menggunakan smartphone dan aplikasi.

Penasaran, bagaimana caranya?

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Untuk dapat memindahkan atau menyalin sebuah tulisan yang terdapat pada media cetak untuk diubah menjadi sebuah file digital, maka anda membutuhkan sebuah perangkat smartphone Android dan dua buah aplikasi yang bernama Google Goggles dan juga Google Keep, jika pada smartphone anda belum terdapat dua aplkasi ini bisa anda unduh melalui Playstore.

Google Goggles dan Google Keep

Google Goggles dan Google Keep

Untuk melakukan proses scan pada dokumen cetak yang akan kita ubah yaitu pertama-tama kita buka aplikasi Google Goggless, lalu fitur kamera akan mulai terbuka dan arahkan kamera tersebut pada dokumen yang akan kita jadikan dalam bentuk Soft Copy. Setelah semua bagian dokumen terlihat pada layar kamera, lalu tekan tombol ikon kamera tersedia. Pastikan letakan dokumen cetak tersebut dengan rapi dan terang, sehingga akmera Google dapat dengan mudah terbaca.

Langkah selanjutnya yaitu Goggless akan melakukan proses scanning dan akan mulai membaca setiap huruf dan kata yang ada pada dokumen cetak tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Scanning ini tergantung dari jumlah dan kualitas dokumen itu sendiri, sehingga jika kualitas dari dokumen tersebut jelas maka waktu yang dibutuhkan untuk proses Scanning bisa lebih cepat.

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Jika proses scanning telah selesai dilakukan, maka Goggless akan mulai menampilkan hasil dari proses scanning tersebut dapat bentuk teks.

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Jika sudah cocok dengan hasilnya, maka anda tinggal menekan tombol “Copy” untuk memyalin atau mengcopy semua teks yang telah dilakukan aplikasi Google Goggless

Langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi Google Keep, lalu letakan teks yang telah kita copy tadi pada aplikasi Google Keep. Teks yang telah kita salin tadi mungkin membutuhkan sedikit perbaikan dan anda bisa memperbaikinya pada Keep.

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy

Setelah semuanya selesai, maka dokumen tersebut akan secara otomatis tersimpan dan anda juga bisa langsung mengirimkannya melalui email ataupun aplikasi messaging lain yang anda miliki. Bagaimana, sangat mudah bukan Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy ini?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

Cara Mengubah Dokumen Cetak Jadi Soft Copy | admin | 4.5