Tutorial Android

Cara Nonton Video lewat Google Play

Cara Nonton Video lewat Google Play – Bagi anda para pengguna produk smartphone android, pastinya anda semua sudah tidak asing dengan salah satu layanan android bernama Google Play. Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa Google Play adalah sebuah layanan konten digital milik Google yang telah melingkupi suatu toko daring yang menampung produk-produk digital seperti aplikasi, game, musik, buku ataupun  media yang berbasis awan. Layanan yang disediakan oleh Google ini memang telah banyak memberikan manfaat bagi publik baik bagi bagi para para pengguna smartpohone android maupun bagi para pengembang. Selain itu, layanan Google Play ini juga sangat mudah untuk di akses baik dengan melalui web, Google TV maupun melalui aplikasi android bernama Play Store.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Pada tahun lalu, lebih tepatnya pada tanggal 30 Juli 2015 yang lalu Google telah melakukan proses penyegaran kembali pada layanannya ini. Gogle telah menghadirkan layanan terbarunya yang bernama Google Play Movie atau Google Play Film, pada layanan terbarunya ini tersedia banyak koleksi film-film pilihan yang dapat anda tonton.

Google Play Movie merupakan sebuah layanan terbaru dari Google yang sekelas dengan layanan seperti Google Play, Gmail, Youtube ataupun sejenis aplikasi bawaan yang ada pada smartphone android lainnya. Google Play Movie sendiri telah dihadirkan oleh Google dengan melalui layanan Google Play, pada pengguna android, pastinya anda semua sudah paham dengan layanan yang telah dihadirkannya ini.

Lalu, apa perbedaan antara Google Play Movie dengan Youtube?

Sebagaimana yang telah kita semua ketahui bahwa Youtube merupakan sebuah layanan dari Google yang dijadikan sebagai layanan untuk berbagi video terlaris secara gratis. Layanan Youtube sendiri memang telah menjadi anak emas bagi Google dan telah banyak digunakan banyak orang di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan, layanan Google yang satu ini sangat mudah digunakan dan Google pun telah membebaskan semua pemilik dari akun Gmail untuk mengupload berbagai jenis video tanpa adanya batasan-batasan sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku pada Google. Namun semua video yang telah di upload ke dalam layanan Youtube sebenarnya tidak membawa keuntungan yang besar bagi pemilik film atau video maupun bagi Google sendiri yang merupakan pemilik dari layanan ini, Misalnya saja contoh dari film Box Office yang dibagikan ke Youtube secara ilegal, tentunya hal ini dapat merugikan pada pembuat film itu sendiri.

Maka dari itu, hadirnya layanan Google Play Movie ini dapat digunakan untuk para penikmat film agar dapat menonton film-film keluaran terbaru dan terlaris dengan menyuguhkan gambar berkualitas HD dan asli langsung dari para pembuat film itu sendiri. Layanan terbaru Google Play Movie ini yaitu merupakan sebuah layanan berbayar yang telah disediakan berbagai jenis film berkualitas langsung dari rumah produksi. Untuk dapat memutar film-film tersebut para penontonnya wajib menyewa atau membeli film tersebut melalui Google Play Movie. Film-film yang ada pada Google Play Movie ini telah dilakukan seleksi terlebih dahulu oleh Google, sehingga film-film tersebut dapat ditonton oleh semua orang sesuai dengan usia penontonnya yang telah ditentukan. Proses pembelian film-film yang ada pada layanan Google Play Movie ini sama seperti kita membeli sebuah aplikasi berbayar yang tersedia pada layanan Play Store, yaitu dengan menggunakan kartu kredit maupun dengan melalui layanan operator seluler. Semua film yang di sewa atau di beli telah memiliki ketentuan harga yang telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga :

Sistem tatap muka dan juga pemilihan warna pada Google Play Movie masih tetap sama dengan Youtube. Bagi para pengguna Android yang telah memiliki akun Gmail dan telah tersinkronisasi dengan perangkat akan secara otomatis langsung dapat membuka layanan Google Play Movie, semua film yang ada pada layanan ini dapat dipilih oleh para pengguna untuk dapat disimpan pada perangkat atau tidak. Selain itu, Google Play Movie juga telah menyediakan berbagai kategori film yang dapat memudahkan para pengguna untuk memilih film-film yang mereka inginkan. Beberapa kategori yang dapat diplih diantaranya seperti Animasi, Drama, Horor, Action, Dokumenter, Komedi, keluarga dan masih banyak lagi kategori-kategori film lainnya yang dapat dipilih sesuai selera. Menariknya lagi, pada layanan ini juga telah dilengkapi dengan kanal khusus mulai dari Beranda, Film Terbaru dan juga Film Terlaris.

Anda tinggal pilih film yang diinginkan, lalu bayar dan tonton!

Setelah anda menentukan pilihan film yang ingin di tonton, maka Google akan memberikan alternatif pilihan (Sewa atau Beli). Untuk harga sewa film rata-rata semua film dikenakan dengan kisaran diatas dua puluh ribu rupiah. Sedangkan untuk penyewaan film berkualitas HD, Google Play Movie telah mematok dengan harga Rp. 29.000 untuk pilihan film Interstellar dan jika dibeli film ini dijual dengan harga Rp. 169 ribu rupiah. Berbeda film yang akan di tonton, maka berbeda pula harga sewanya dan juga harga jualnya. Film ini tidak hanya bisa di tonton pada perangkat berbasis Android saja, tetapi juga pada layanan penjelajah milik Google yaitu Chrome.

Berbagai film yang ada pada layanan Google Play Movie sama hal nya dengan aplikasi yang tersedia pada layanan Play Store, namun berbeda dengan film yang ada pada Youtube yang hanya cukup dengan menginformasikan data identitas video hanya sepintas saja. berbeda dengan Google Play Movie yang menjelaskan identitas film lebih detail dan berikut dengan sinopsis dari film yang akan di tonton. Selain itu, pada layanan ini juga telah menempatkan fitur pemeringkatan untuk sebuah film dan juga komentar yang terletak pada bagian bawah film yang ingin dibeli.

Dengan adanya layanana ini, tampaknya para pengguna Android akan semakin dimanjakan oleh Google. Layanan Google Play pada awal peluncurannya langsung mendapatkan respon baik dan beberapa film terbaru langsung di tonton banyak para penikmati film di seluruh dunia. Nah, sekarang kita tunggu saja film-film Indonesia dijual di sini dan dengan adanya layanan ini dapat memberikan ruang yang terbaik untuk meminimalisir peredaran film-film ilegal yang tentunya dapat merugikan banyak pihak.

Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan panduan cara menonton video lewat Google Play. Langsung simak caranya berikut ini.

Pertama-tama pilih film yang anda inginkan, misalnya film Ant-Man.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Selanjutnya pilih sewa atau beli, kali ini saya pilih sewa karena harganya lebih terjangkau yaitu sekitar Rp. 25.000.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Lalu, tentukan pilihan apakah anda akan menyewa film kualitas HD atau SD? Kali ini saya coba kualitas HD. Karena tampilan gambar lebih jelas dan bagus.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Pada saat akan menyewa biasanya ada diskon, dengan begitu harganya jadi lebih murah. namun tidak semua film memiliki diskon, hanya beberapa saja dan hanya waktu-waktu tertentu saja. sekanjutnya klik “Lanjutkan” untuk melakukan proses pembayaran.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Jika sebelumnya anda belum pernah menyewa film di Google Play Movie, maka akan muncul pilihan pembayaran seperti gambar dibawah berikut ini. Jika anda tidak memiliki kartu kredit, maka anda bisa menggunakan metode pembayaran melalui pemotongan saldo pulsa dengan memilih “Aktifkan Penagihan Operator”

Cara Nonton Video lewat Google Play

Selanjutnya, anda tinggal pilih “Sewa”

Cara Nonton Video lewat Google Play

Jika pembayaran telah berhasil, maka akan muncul informasi proses pembayaran berhasil. Lalu pilih “Tonton”.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Jika ingin menghemat kuota, maka sebaiknya film di download terlebih dahulu agar proses pemutaran film bisa dilakukan tanpa sambungan internet. Untuk melakukan download, maka pilih tombol “Batal”, karena jika anda memilih “OK” maka film akan ditonton secara streaming dan akan memakan banyak kuota anda.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Setelah memilih “Batal”, maka anda akan dibawa pada halaman informasi film. Untuk mengunduh film ini, anda tinggal menekan logo download pada bagian bawah tombol Play.

Cara Nonton Video lewat Google Play

Setelah film yang anda sewa selesai di download, maka anda bisa memutar film tanpa harus terkoneksi dengan internet sampai batas waktu 48 jam dan dihitung sejak pertama kali di putar. Namun penting untuk diperhatikan, bahwa meskipun file film ini sudah di download, namun anda tidak bisa memutarnya di luar layanan Google Play, karena file ini telah terproteksi

Cara Nonton Video lewat Google Play

Ketentuan Menyewa Film Melalui Google Play Movie

  • Batas waktu menonton film selama 30 hari
  • Jika film pernah di putar sebelumnya, maka film akan expired dalam waktu 48 jam.

Kesimpulannya :

Jika memang anda belum sempat menontonnya setelah film disewa, sebaiknya jangan putar dulu, karena meski baru diputar 1 detik batas expired akan mulai berlaku.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Itulah cara nonton video lewat Google Play, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Nonton Video lewat Google Play | admin | 4.5