Tutorial Android

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC – Oppo merupakan salah satu produk smartphone yang saat ini cukup diminati banyak kalangan para pengguna smartphone di Indonesia. Meskipun vendor smartphone Oppo masi terbilang baru di Industri gadget tanah air, namun setiap produk smartphone yang diproduksinya selalu laris manis di pasaran. Hal ini dikarenakan, meskipun spesifikasi smartphone Android dari Oppo terbilang mumpuni, namun harga yang ditawarkan pada setiap produknya cukup terjangkau. Inilah yang menjadikan Oppo cepat dikenal dan populer di pasaran.

Saat ini telah banyak para pengguna smartphone Oppo di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Namun dari sekian banyak para penggemar dan pengguna smartphone Opo, sebagian dari mereka banyak yang belum puas dengan kinerja dari smartphone ini, sehingga banyak diantaran mereka yang memilih untuk melakukan root untuk meningkatkan kinerja dari smarthone ini terutama pada sektor sistem operasinya.

Nah, sesuai dengan tema postingan kali ini, kami akan membagikan tips dan Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC Sehingga kinerja dan performa yang dihasilkannya bisa lebih optimal. Cara melakukan root pada smartphone android Oppo memang terbilang cukup mudah, bahkan untuk melakukannya pun tidak harus selalu menggunakan PC atau komputer, tetapi juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dapat mudah anda install pada layanan Play Sore. Bagi sobat yang belum pernah melakukan rooting dan masing bingung melakukannya, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah rooting Hp Oppo sesuai dengan tutorial ini.

Sebelum anda melakukan rooting pada perangkat smartophone Oppo kesayangan anda, maka anda harus siap dengan resiko yang akan terjadi pada ponsel anda. Ponsel yang telah di rooting akan kehilangan hak garansi, sehingga jika terjadi kerusakanan ponsel anda tidak akan mendapatkan hak garansi. Untuk lebih jelasnya, sobat bisa simak beberapa keuntungan dan kerugian melakukan root berikut ini.

Keuntungan :

  • Ponsel yang telah di root akan memiliki akses yang lebih luas tanpa ada batasan, sehingga sobat bisa melakukan berbagai perubahan pada smartphone Oppo kesayangan anda layaknya developer. Anda dapat menghapus atau menambahkan aplikasi bawaan dan bahkan perangkat lunak yang dimiliki merk ponsel atau developer lain.
  • Anda akan memilik kendal pada aplikasi secara lengkap, sobat dapat melakukan aktivitas backup ataupun aktivitas pemulihan pada sistem operasinya. Bahkan sobat bisa melakukan install ulang tanpa perlu repot-repot lagi untuk mengunduh file lagi.
  • Sobat bisa meruba tampilan bawaan dari smartphone Oppo dengan cara mengistal ROM dan anda juga bisa mengupgrade perangkat ke versi yang lebih tinggi dan terbaru.
  • Para pengguna smartphone Oppo yang telah di root juga bisa melakukan kegiatan kustomisasi pada tampilan tema bawaan, sehingga para pengguna dapat mengganti tema bawaan sesuai dengan tema yang di inginkan.
  • Memiliki akses penuh dalam melakukan kontrol pada CPU, sehinggi sobat dapat melakukan perubahan pada CPU Oppo anda. misalnya saja anda ingin melakukan OverLock pada processor yang terdapat di dalam ponsel berbasis Android. Dengan begitu, maka kinerja dan performa yang dihasilkan akan jauh lebih tangguh dan optimal saat di jalankan.

Kerugian  :

  • Ponsel yang telah di root akan kehilangan hak garansinya, sehingga jika terjadi kerusakanan tidak akan mendapatkan garansi dan garansi akan dihanguskan.
  • Jia terjado kesalahan atau penyalahgunaan dalam melakukan rooting, maka perangkat smartphone Android anda akan mengalami multifungsi.
  • Jika dilakukan proses Twealking secarda berlebihan, maka kinerja dan performa dari smartphone anda akan mengalami penurunan.

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian dalam melakukan rooting, apakah anda siap dengan segala resiko dan konsekuensinya? Jika memang anda semua sudah siap, maka sobat bisa melakukan langkah-langkah mengenai tutorial cara melakukan rooting yang telah kami siapkan untuk anda dibawah berikut ini.

Baca Juga : 

Persiapan Sebelum Melakukan Rooting :

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

  • Sebelum melakukan root, masuk terlebih dahulu pada menu Setting Oprion => Application, lalu aktifkan “Unknow Sources.
  • Pastikan daya baterai pada smartphone anda yang akan di root dalam kondisi penuh, paling tidak sekitar 60%
  • Downloada beberapa aplikasi yang akan digunakan untuk melakukan root seperti aplikasi Frameroot dan juga aplikasi Kingroot.

Catatan :

Perlu kami ingatkan lagi bahwa setelah smartphone anda dilakukan root, maka hak garansi pada smartphone Oppo anda akan hilang. Untuk itu, kami tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada ponsel anda dan semua resiko tanggung sendiri.

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC

Cara melakukan root yang akan kami bagikan terdiri dari dua cara, yaitu menggunakan aplikasi Framaroot dan juga Kingroot. Yuk, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Cara Root Hp Oppo Menggunakan Framaroot

Caranya yaitu :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu unduh dan install aplikasi Framaroot pada layanan Google Play Store (Gratis)
  • Aktifkan USB Debugging Mode, caranya yaitu pergi ke menu Setting, lalu klik pilihan Developer Option, kemudian aktifkan USB Debugging Mode.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Framaroot yang telah anda install pada smartphone Oppo yang akan anda root.
  • Setelah anda berada di halaman utama aplikasi Framaroot, lalu pilih dengan cara klik install Super User.
  • Tunggu hingga proses root selesai, lalu Hp Oppo yang telah selesai di root akan melakukan restart.
  • Hp Oppo anda pun sudah berhasil di root.
  1. Cara Root Hp Oppo Menggunakan Kingroot

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama unduh dan install aplikasi Kingroot pada ponsel yang akan anda root, pastikan juga anda telah mengaktifkan USB Debugging Mode seperti cara diatas.
  • Kemudian buka aplikasi Kingroot tersebut, pada halaman utama klik menu berlogo orang yang bertuliskan “FIX”.
  • Setelah itu proses root pun akan mulai berjalan dan tunggu hingga selesai.
  • Setelah proses root selesai dilakukan, maka ponsel anda akan melakukan restart dengan sendirinya.
  • Setelah ponsel kembali menyala, maka proses root pun telah berhasil dilakukan dan ponsel pun siap digunakan.

Terkadang ada yang mengalami kegagalan dalam melakukan rooting pada Hp Oppo dengan cara diatas, namun kegagalan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu :

Penyebab Kegagalan Proses Root

  • Driver pada Hp belum terinstall
  • Kapasitas daya baterai kosong atau kurang dari kapasitas minimal yang telah kami tentukan diatas
  • Aplikasi root tidak cocok dengan tipe Hp Oppo yang anda gunakan

Lalu, apa solusi terbaiknya :

Jika proses root gagal dilakukan, biasanya dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada Hp yang cukup fatal seperti mengalami hang atau bahkan mati total. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan cara berikut.

  • Factory Reset

Langkah ini dilakukan bertujuan untuk mengembalikan pengaturan awal pada Hp yang telah gagal di root

  • Flash Ulang

Yaitu dengan melakukan install ulang Hp anda dengan menggunakan OS baru

Bagaimana, apakah tutorial Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC cukup jelas? Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat mudah anda pahami dan semoga proses root yang anda lakukan berhasil.

Sekian tutorial yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Cara Root HP Oppo Semua Tipe Tanpa PC | admin | 4.5