Tutorial Android

Cara root samsung galaxy j3 J320G / J320M / J320F dan Instal TWRP

Pada postingan kita kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai Cara root samsung galaxy j3 J320G / J320M / J320F dan Instal TWRP. Semua seri smartphone besutan Samsung ini memang di bekali dengan spesifikasi yang berbeda-beda, smartphone Samsung Galaxy J3 merupakan ponsel yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni di kelasnya dan memiliki kinerja yang cukup bagus. Namun bagi para penggemar gamer, tentunya mereka ingin memiliki smartphone yang memiliki spesifikasi dan performa tinggi agar dapat menjalankan game dengan baik dan lancar tanpa mengalami lag. Mungkin bagi sebagian orang agak sulit untuk membeli smartphone dengan spesifikasi tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk melakukan root agar kinerjanya semakin mantap.

Cara root samsung galaxy j3 J320G / J320M / J320F dan Instal TWRP

Cara root samsung galaxy j3

Proses rooting sendiri bertujuan agar para pengguna smartphone Android bisa memiliki kewenangan untuk melakukan perubahan pada sistem Android, sehingga para pengguna Android dapat melakukan berbagai perubahan layaknya seorang developer. Lalu, bagaimana cara melakukan root? Caranya sebenarnya cukup mudah, namun anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu resiko yang akan di timbulkan pada smartphone Android yang telah di root.

Salah satu resiko melakukan proses root adalah anda akan kehilangan garansi distributor, sehingga anda tidak bisa melakukan klaim kepada pihak Samsung Service Center untuk melakukan klaim kerusakan yang disebabkan oleh karena aktifitas dari proses rooting. Untuk itu, sebelum anda memutuskan untuk melakukan root pada ponsel Android anda dan lebih fatalnya ponsel anda akan mengalami kerusakan atau bahkan mati total jika proses root tidak di jalankan dengan benar. Maka dari itu, sebaiknya anda harus siap dengan resiko yang harus anda terima ketika anda memilih untuk melakukan proses root pada ponsel kesayangan anda.

Sebelum anda melakukan root Samsung Galaxy J3, sebaiknbya install terlebih dahulu TWRP pada smartphone Samsung J3 anda.

Cara root Samsung Galaxy J3

Sebelum melakukan root, siapkan beberapa bahan perlengkapan yang dibutuhkan, yaitu :

  • Intall Driver Samsung USB
  • Install aplikasi Super SU
  • Install Aplikasi Odin terbaru v3.11.1

Cara Melakukan Root Samsung J3

Setelah semua aplikasi yang dibutuhkan terinstall, proses root sudah bisa di lakukan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Jika semua bahan sudah tersedia, install aplikasi tersebut kecuali aplikasi Super SU. Pindahkan aplikasi superSU ke memori eksternal dan di simpan di luar folder.
  2. Setelah itu, bukan smartphone Android anda, lalu masuk ke menu setting =>pilih opsi About Phone=> kemudian lakukan klik sebanyak 7 kali pada pilihan buat nomor atau build number.
  3. Selanjutnya, masuk ke menu setting, lalu pilih menu Pengembang dan centang pada tulisan OEM dan Debugging.
  4. Setelah itu, matikan ponsel Android anda dan hidupkan kembali. Setelah ponsel kembli hidup, lalu masuk ke mode Download. Caranya yaitu, teklan tombol secara bersamaan antara tombol Down, Home dan juga tombol Power. Tahan ketiga tombol tersebut sampai masuk ke halaman mode download.
  5. Ketika sudah berada di halaman mode download, maka pada ponsel anda akan muncul notifikasi atau peringatan dengan muncul logo segitiga berwarna kuning. Peringatan ini menandakan jika adanya peringatan agar anda tidak melakukan pembobolan pada kernel. Setelah itu, pilih menu Volume UP untuk melanjutkan proses rooting ini.
  6. Langkah berikutnya yaitu gunakan PC atau laptop untuk membuka aplikasi ODIN, lalu hubungkan dengan menggunakan kabel data USB.
  7. Setelah anda menghubungkan ponsel Android anda dengan komputer, maka aplikasi Odin akan secara otomatis terdeksi pada smartphone Samsung J3 yang akan anda root.
  8. Selanjutnya masuk ke menu setting pada aplikasi Odin, lalu hilangkan centang pada tulisan Auto Reboot.
  9. Kemudian klik AP dan pilih TWRP yang sebelumnya telah anda unduh pada ponsel anda, lalu tekan Star.
  10. Kemudian tunggu sampai proses flashing selesai di jalankan hingga muncul PASS yang berwarna hijau.
  11. Terakhit, cabut kabel data pada komputer atau laptop anda.
  12. Proses root Samsung Galaxy J3 pun selesai di lakukan, ponsel pun sudah siap anda gunakan kembali dengan kinerja dan performa yang pastinya lebih tangguh.

Tutorial Cara Root Samsung Galaxy J3 2016 J320M / J320F / J320G

  1. Pertama-tama matikan ponsel Samsung J3 anda, lalu masuk ke mode Recovery dan tekan tombol kombinasi antara tombol volume Up, Home dan juga tombol power secara bersamaan. Kemudian tahan beberapa lama sampai muncul Mode Recovery.
  2. Tentukan jenis bahasa yang diinginkan
  3. Setelah itu, pilih menu install dan pilih aplikasi SuperSU yang sebelumnya telah anda pindahkan pada memori eksternal.
  4. Pada bagian menu “swipe to confirm” anda geser dari kiri menuju ke kanan untuk memulai proses menggunakan sistem otomatis. Proses ini akan memakan waktu antara 30-40 detik.
  5. Setelah proses selesai di jalankan, maka anda harus memilih “No Installer” untuk melakukan proses installasi secara otomatis. Proses ini meman dapat memakan waktu cukup lama, tunggu sampai smartphone Samsung J3 anda kembali menyala seperti semula,
  6. Proses rooting Selesai.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Sebagai pertimbangan, melakukan tutorial dalamaa  Cara root samsung galaxy j3 J320G / J320M / J320F dan Instal TWRP ini dapat menimbulkan resiko bagi para penggunanya. Mau tahu, apa saja resiko atau kerugian dari melakukan root? Simak informasi mengenai kerugian melakukan root pada smartphone Android, diantaranya yaitu :

Baca Juga : 

Kerugian Melakukan Root Pada Smartphone Android

  • Mudah Terkena Virus

Pada saat setelah anda melakukan root pada smartphone Samsung anda, maka ponsel Samsung yang anda miliki akan lebih mudah terkena virus. Hal ini dikarenakan, ponsel android yang telah di lakukan root dapat memiliki akses secara penuh yang menjadikan ponsel mudah sekali terkena virus.

  • Kehilangan Masa Garansi

Setelah snartphone anda selesain di lakukan root, maka masa berlaku garansi akan hilang dan tidak berlaku lagi apalagi jika terjadi kerusakan pada smartphone anda. Maka pada saat anda melakukan klaim ke pohat Samsung Service Center, klai anda tersebut akan di tolak karena apapun resiko akibat dari proses root ditanggung oleh para pengguna,

  • Performa Ponsel Menurun

Sistem android bawaan telah di tata dengan sangat rapi dan kompatible dengan berbagai aplikasii yang telah tersedia di layanan Play Store. Namun jika sistem operasi android telah dirubah menjadikan banyak mendownload aplikasi atau fole dari luar play store yang tentunya kinerja dan perdorma yang di hasilkan akan berkurang.

  • Cepat Sekali Panas

Smartphone yang telah di lakukan root memang dapat mempengaruhi kecepatan dan performa dari smartphone Android yang dapat mengalami penurunan. Dengan demikian, maka ponsel yang dapay mengunduh berbagai aplikasi dari dalam maupun luar procesor. Kondisi seperti ini dapat membuat smartphone android akan mengalami penurunan.

  • Sering Mengalami Booting

Resiko yang paling parah jika ponsel di root yaitu akan lebih sering mengalami Bootloop. Botloop merupakan salah satu sistem android yang tidak bisa masuk ke dalam Star Up.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Cara root samsung galaxy j3 J320G / J320M / J320F dan Instal TWRP | admin | 4.5