Tutorial Android

Tutorial Cara Root Samsung Galaxy Note 4 Termudah

Cara Root Samsung Galaxy Note 4

Cara Root Samsung Galaxy Note 4

Tutorial Cara Root Samsung Galaxy Note 4 Termudah – Bagi para pengguna smartphone mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah root. Root biasanya dilakukan para pengguna smartphone untuk membuat smartphone mereka lebih meningkat performanya saat digunakan. Simaklah baik-baik artikel ini jika Anda sedang mencari cara root Samsung Galaxy Note 4.

Kata root berasal dari bahasa Inggris yang berarti akar. Dalam istilah teknologi, root di sini mengandung makna sistem operasi. Terdapat banyak keunggulan dari melakukan root pada smarphone android Anda. Keunggulan-keunggulannya antara lain: pemblokiran pada iklan-iklan, meningkatkan performa HP, dan tersedianya banyak pilihan aplikasi di smartphone Anda.

Tiap smartphone android tidak memiliki cara yang sama untuk melakukan root. Ini dikarenakan perbedaan letak fitur pada setiap hp yang berbeda merk maupun tipenya. Selain itu, melakukan root pada Samsung tipe ini akan memungkinkan Anda mengakses ke dalam file sistem yang tidak akan bisa Anda lakukan sebelum root dilakukan. Bahkan, batasan dari firmware bisa dihapus jika Anda melakukan root.

Sebelum melakukan roo hp Samsung, sebaiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu aplikasi  odin3 v3.09 di computer / laptop Anda dan USB driver Samsung Galaxy Note 4.  Adapun untuk cara root Samsung Galaxy Note 4 yaitu:

  1. Backup data di smartphone Anda. Ini sebagai antisipasi jika tiba-tiba data yang Anda miliki hilang atau rusak. Ada banyak aplikasi untuk backup data seperti Helium dan Titanium.
  2. Cek Samsung Galaxy Note 4 Anda untuk memastikan baterainya cukup untuk melakukan root. Paling sedikit sisa baterai hp Anda adalah 50%.
  3. Selanjutnya nonaktifkan hp Anda, kemudian tekan tombok home lalu power dan pilih tombol volume down. Pastikan hingga ada “peringatan”.
  4. Lalu klik “volume up continue
  5. Jika anda sudah ada di mode download, sambungkan hp dengan laptop dengan USB milik Anda.
  6. Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Odin yang telah diinstal secara sempurna di laptop Anda. Jika sudah, maka klik Run as Admin.
  7. Selanjutnya hubungkan Samsung Galaxy Note 4 Anda dengan laptop dengan kabel USB.
  8. Jika berhasil menambahkan ke Odin, maka terdapat pemberitahuan “Added” pada aplikasi Odin. Tanda berhasil lainnya yaitu timbul tulisan berwarna kuning yang ada di kolom pada Odin.
  9. kemudian Anda klik start pada aplikasi Odin. Smartphone akan restart secara otomatis. Untuk memastikan apakah cara root Samsung Galaxy Note 4 ini berhasil atau tidak dengan cara menginstal aplikasi install root checker.

Setelah mengetahui cara root Samsung Galaxy Note 4, Anda perlu tahu kelemahan dari root. Root smartphone memang memiliki banyak keunggulan. Namun, root juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  1. Garansi hilang

Jika Anda memutuskan untuk melakukan root pasa hp smartphone Samsung Anda, berarti Anda harus rela untuk kehilangan garansi hp Anda.

  1. Tidak ada update

Sebelum di root, hp Anda akan menerima notifikasi/pemberitahuan berupa sistem operasi terbaru untuk hp Anda, namun, jika Anda melakukan root, maka Anda tidak akan mendapatkan notifikasi tersebut. Anda harus update secara manual atau mandiri.

  1. Virus

Keamanan dari smartphone Anda lemah saat dilakukan root. Ini memungkinkan hp lebih rentan dimasuki virus-virus. Jika virus masuk ke hp Anda, ada kemungkinan salah satu fungsi atau aplikasi akan eror.

Sebelum mempraktekan cara root Samsung Galaxy Note 4 ini Anda bisa mempertimbangkan kembali keunggulan dan kelemahannya. Cara di atas merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan. Sekarang Anda bisa melakukan root tanpa bantuan ahli IT.

Tutorial Cara Root Samsung Galaxy Note 4 Termudah | admin | 4.5