Tutorial Android

Cara Root Sony Xperia X Mudah dan Cepat

Cara Root Sony Xperia X dengan Aman dan Efektif – Bagi pemilik smartphone berbasis Android, root atau rooting merupakan istilah yang sangat familiar. Salah satu smartphone yang akan dibahas pada artikel ini adalah Sony Xperia X. Bagaimanakah cara cara root Sony Xperia X dengan aman tanpa menghubungkan ke PC?

Cara Root Sony Xperia X

Cara Root Sony Xperia X

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus mengetahui beberapa hal terkait root pada sistem operasi Android. Rooting berbeda dengan instal ulang karena tidak mengubah komposisi aplikasi dan konfigurasi sistem ke mode basic. Anda hanya meningkatkan aksesibilitas smartphone sehingga mudah untuk dilakukan instalasi aplikasi. Selain itu, rooting juga digunakan untuk mendeteksi hardware yang baru saja dipasang seprti memori eksternal dan RAM. Proses ini mirip seperti komputer berbasis Windows. Anda membuka file system untuk mengubah setting tertentu. Proses ini bertujuan untuk memaksimalkan perangkat.

  1. Persiapan

Yang pertama tercantum dalam cara root Sony Xperia X adalah persiapan. Untuk mengurangi resiko kehilangan data atau file, Anda harus membuat backup dari file tersebut. Proses root memang mudah tapi tetap bersiko, terutama untuk yang pertama kali melakukannya. Gunakan memori eksternal untuk menyimpan data backup.

  1. Security check

Step kedua adalah security check. Pastikan Anda mendapatkan akses penuh untuk area sistem admin. Sony Xperia X telah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow atau versi 6.0. Jika Anda ingin melakukan rooting, ketahui terlebih dahulu sistem keamanan yang digunakan pada sistem operasi tersebut. Google telah melakukan update secara berkala terhadap Android dan Marshmallow dianggap sebagai hasil update terbaik.

  1. Install aplikasi

Anda dapat menemukan beberapa aplikasi yang mampu melakukan proses rooting. Keunggulan menggunakan aplikasi dalam cara root Sony Xperia X adalah proses yang sederhana. Ada dua cara untuk root smartphone berbasis Android. Yang pertama adalah melalui komputer dan kedua adalah aplikasi. Seiring berjalan waktu, penggunaan aplikasi dirasa lebih efisien dalam hal waktu. Pastikan Anda mendownload aplikasi tersebut dari sumber terpercaya, misal play store.

  1. Proses rooting

Setelah seluruh file aman dan aplikasi siap, proses selanjutnya adalah rooting. Anda cukup melakukan satu atau dua sentuhan untuk menjalankan proses ini. Setiap aplikasi memiliki user interface berbeda, ettapi masih dalam satu basic process. Baca terlebih dahulu petunjuk yang disediakan untuk menghindari kesalahan. Aplikase yang baik memiliki fitur cancelation. Jadi, Anda dpat membatalkan rooting meski sedang dalam proses.

  1. Cek akhir

Proses rooting disesuaikan dengan kemampuan aplikasi dan kondisi Sony Xperia X. Sebagaimana yang telah diketahui, Sony terkenal dengan kualitas produk yang mumpuni meski memiliki harga lebih mahal. Kamera 23 MP di bagian belakang smartphone sudah menunjukkan kualitas Sony di bidang fotografi. Kembali ke proses rooting. Ketika proses telah selesai, hal terakhir dalam cara root Sony Xperia X adalah mengecek ulang. Apakah rooting telah sesuai dengan keinginan atau sebaliknya terdapat masalah baru? Jika Anda merasa puas dengan hasil rooting, maka rooting telah berhasil.

Baca Juga :

Beberapa aplikasi yang banyak digunakan adalah Kingroot dan Framaroot. Sony Xperia X adalah smartphone tipe premium jadi fitur dan spesifikasinya sangat tinggi. Rooting dilakukan jika Anda melihat ada kekurangan tertentu sehingga perlu ekspansi kapabilitas smartphone. Yang lebih penting lagi adalah menyediakan charger untuk mengantisipasi kapasitas baterai rendah. Ada baiknya, melakukan rooting dengan baterai penuh. Tentu saja 2350 mah sudah cukup untuk menjaga keperluan rooting ini. Dari semua cara root Sony Xperia X yang ditampilkan, Anda harus menerapkannya secara berurutan. Persiapan dapat dihindari, tetapi tidak dengan instal aplikasi untuk rooting.

Cara Root Sony Xperia X Mudah dan Cepat | admin | 4.5