Tutorial Android

Cara Root Sony Xperia XA Tanpa PC Mudah dan Cepat

Cara Root Sony Xperia XA

Cara Root Sony Xperia XA

Cara Root Sony Xperia XA dengan Bantuan Aplikasi – Rooting dilakukan untuk menambah performa smartphone berbasis android. Jika Anda bingung bagaimana cara root Sony Xperia XA, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan. Penggunaan aplikasi ini memudahkan user yang masih awam terkait rooting. Contoh aplikasinya adalah kingroot dan framaroot. Meskipun Xperia ZA merupakan gadget high-end. Android user tetap menginginkan untuk meningkatkan kapabilitas smartphone melalui proses rooting.

Sebelum membahas lebih lanjt bagaimana cara root Sony Xperia XA, ada baiknya mengenal terlebih dahulu pengertian rooting. Proses ini berbeda dengan install ulang atau update sehingga tidak membutuhkan waku lama. Rooting lebih mengedepankan peningkatan kapabilitas. Android adalah sistem operasi terbuka sehingga tidak semua sistem dikunci dari vendor. Bagi mereka yang ahli di bidang ini, keterbukaan sistem memungkinkan untuk perluasan kapasitas. Rooting sering dilakukan setelah instalasi aplikasi atau perbaikan. Sebagai contoh, smartphone Anda baru saja mendapatkan memori baru jadi dibutuhkan rooting untuk membantu kesesuaian hardware.

  1. Cek sistem

Sebelum melakukan rooting, hal pertama yang harus dilakukan adalah cek sistem. Xperia XA telah dilengkapi dengan Android 6.01 atau biasa dikenal sebagai Marshmallow. Meskipun sistem yang digunakan baru, Anda wajib mengecek setiap aspek dari sistem tersebut terutama kompatibilitas dengan hardware. Proses rooting memang tidak mengubah konfigurasi dasar tetapi juga berisiko mengganti setting tertentu.

  1. Instalasi aplikasi

Roo yang dilakukan pada Xperia XA adalah tanpa menghubungkan dengan komputer. Beberapa aplikasi telah disebutkan diawal. Untuk cara root Sony Xperia XA, aplikasi yag digunakan harus kredibel. Anda harus memperoleh aplikasi tersebut melalui Store resmi atau langsung dari developer. Bagi yang baru pertama kali, disarankan untuk memakai aplikasi yang sudah teruji atau populer.

  1. Backup data dan file

Rooting sebuah smartphone memang tidak mempengaruhi data atau file yang tersimpan. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan backup file penting Anda. Gunakan memori eksternal yang cukup lalu simpan kembali file tersebut untuk cadangan. Rooting dapat mengalami banyak masalah jika memori pada smartphone terisi penuh. Untuk itu, pemindahan file-file besar dan penting bermanfaat untuk melancarkan proses ini.

  1. Proses rooting

Setelah semua siap, proses selanjutnya adalah melakukan rooting itu sendiri. Setiap aplikasi memiliki tampilan yang berbeda. Namun, mereka menggunakan petunjuk dasar yang sama. Anda akan dibawa untuk mengubah setting admin dan sekuriti ke level bebas. Fungsi ini memberi izin bagi user untuk mengakses konfigurasi selain standar.  Sistem juga akan memberikan peringatan terkait lama proses. Sebenarnya sangat riskan untuk menghentikan rooting ketika masih dalam proses. Jadi pastikan baterai terisi penuh dan smartphone dalam kondisi idle.

  1. Evaluasi akhir

Setelah proses selesai, cara root Sony Xperia XA yang terakhir melakukan evaluasi atau cek akhir. Anda ingin gadget memiliki kapasitas dan kapabilitas lebih setelah dilakukan rooting. Oleh karena itu, pengecekan secara menyeluruh harus dilakukan. Pastikan sistem berfungsi baik, terutama administrator dan sekuriti. Aplikasi masih dapat berfungsi normal, jika tidak instal kembali. Yang terpenting adalah file dan data masih tersimpan. Ada baiknya untuk melakukan update file tersebut dengan yang baru.

Baca Juga :

Dari langkah–langkah yang disajikan, Anda sebaiknya memulainya dari awal. Bagi pemula, rooting pertama kali membutuhkan perhatian lebih. Ada baiknya untuk tidak selalu melakukan proses ini, tanpa urgensi tertentu. Rooting membutuhkan waktu sehingga tidak dapat dilakukan hanya untuk bermain-main. Dari cara root Sony Xperia XA yang telah diberikan, anda akan mendapatkan smartphone yang lebih baik dalam hal konektivitas dan kapabilitas.

Cara Root Sony Xperia XA Tanpa PC Mudah dan Cepat | admin | 4.5