Tutorial Android

Tutorial Root Samsung Galaxy J7 Prime Menggunakan PC dan Tanpa PC

samsung galaxy j7 prime

samsung galaxy j7 prime

Root Samsung Galaxy J7 PrimeSM-G610F/SM-G610M – Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai Cara root samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F/SM-G610M dan Instal TWRP. smartphone Samsung Galaxy J7 prime sendiri menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan dukungan layar lebar 5.5″ PLS LCD Capacitive yang didukung Gorilla Glass untuk proteksi layarnya.Tak mau kalah saing dari kompetitornya, Samsung J7 Prime ini dibekali dengan desain menawan dan fitur-fitur terkini. Samsung dari jenis J Series memang cukup unik mulai dari J7 versi biasa, J7 (2016), dan yang paling baru saat ini yakni Samsung Galaxy J7 Prime. hadir dengan prosessor Exynoss 7870 Octa Core dengan clock speed 1.6 GHz. Performanya juga semakin dioptimalkan dengan dukungan 3 GB RAM. Tampilan antar muka juga sangat cantik dengan v6.0 Marshmallow. dibawah ini merupakan tabel spesifikasi dari Samsung Galaxy J7 Prime.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime
Layar samsung galaxy j7 prime 5.5 inci IPS Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
Bodi samsung galaxy j7 prime 151.7 x 75 x 8 mm, 167g, Metal
Jaringan samsung galaxy j7 prime Dual SIM , GSM , 3G , 4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
Body samsung galaxy j7 prime 151.7 x 75 x 8 mm , 167 g , Full Metal
Sistem Operasi samsung galaxy j7 prime Android v6.0 Marshmallow
Chipset samsung galaxy j7 prime CPU Exynoss 7870 + GPU Mali-T830MP2
Memori samsung galaxy j7 prime RAM 3 GB , Internal 32 GB , MicroSD up to 256 GB
Kamera Belakang samsung galaxy j7 prime 13 MP , LED Flash , Autofocus
Kamera Depan samsung galaxy j7 prime 8 MP f/1.9 , Screen Flash
Sensor samsung galaxy j7 prime menggunakan Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
Warna samsung galaxy j7 prime Hitam, Gold
Baterai samsung galaxy j7 prime menggunakan Li Ion 3300 mAh

Proses pemberian hak akses penuh (tak terhingga) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user disebut Proses rooting, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning pada performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. jadi bagi seorang pengembang software. Nah sekarang bagaimana cara rooting pada hp Samsung galaxy j7 prime ?

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime ini kompatibel untuk Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F/SM-G610M. Jika Samsung Galaxy J7 Prime tidak sesuai atau beda tipe dengan tipe tersebut jangan di ikuti karena berpotensi akan mengalami kegagalan sistem. sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu resiko yang akan di timbulkan pada smartphone Android anda yang telah di root. jika anda membawa ke Service Center samsung galaxy j7 prime dalam keadaan sudah ter Rooting. namun hal ini masih bisa di siasati dengan cara melakukan Unroot pada ponsel anda, kemudian setelah itu melakukan factory reset untuk mengembalikan semua perubahan. Selain itu untuk masalah keamanan, jika anda salah menambahkan, delete, atau salah eksekusi file sistem maka bisa berakibat fatal untuk Tablet/HP anda. Maka dari itu, sebaiknya anda harus siap dengan resiko yang harus anda terima ketika anda memilih untuk melakukan proses rooting pada ponsel kesayangan anda.

Sebelum anda melakukan root Samsung Galaxy J7 prime, sebaiknya install terlebih dahulu TWRP pada smartphone Samsung J7 prime anda. Twrp adalah kepanjangan dari Tim win recovery project. Twrp pada Android merupakan recovery open-source yang sudah support menggunakan layar sentuh/touchscreen,namun fungsi keseluruhan sama saja dengan CWM hanya saja tampilannya yang berbeda.

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime

Sebelum melakukan root, siapkan beberapa bahan perlengkapan yang dibutuhkan, yaitu :

  • Intall Driver Samsung USB
  • Install aplikasi Super SU
  • Install Aplikasi Odin

Perhatikan Sebelum Melakukan Root 

Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan root pada hp Samsung galaxy j7 prime agar dapat meminimalisir tingkat kegagalan sistem.

  • Jika terjadi kerusakan atau kegagalan sistem ditanggung sendiri.
  • Cek terlebih dahulu ponsel anda apakah sudah sama modelnya dengan cara masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Model. Cara root ini hanya untuk Samsung Galaxy J7 Prime,
  • Backup terlebih dahulu data-data penting yang berada dalam memori untuk menghindari jika terjadi kegagalan sistem.
  • Pastikan daya baterai terisi penuh, minimal lebih dari 50% untuk menghindari low bat pada saat dilakukannya rooting.
  • Diusahakan menggunakan kabel data asli atau bawaan dari hpnya ,Bagi yang mencoba Root dengan Odin, untuk menghubungkan antara PC dengan ponsel.
  • Root bisa mengakibatkan hilangnya garansi ponsel anda, akan tetapi anda bisa unroot Samsung Galaxy J7 Prime lagi jika anda mau.

Tutorial Instal TWRP Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan Odin

  • Aktifkan mode pengembang pada ponsel Samsung Galaxy J7 Prime anda dengan cara, masuk ke Pengaturan kemudian pilih Tentang Ponsel, selanjutnya Nomer bentukan, setelah itu tap atau ketuk 10x sampai muncul pesan yang mengatakan anda seorang pengembang.
  • Kemudian kembali masuk ke menu Pengaturan, aktifkan Opsi Pengembang, kemudian centang OEM Unlocking dan USB Debugging
  • Setelah semua file sudah di download seperti TWRP, SuperSU, dan  Odin, setelah itu pindahkan file SuperSu dari PC atau komputer ke penyimpanan internal ponsel.
  • Jalankan Odin di PC anda
  • setelah itu matikan ponsel kalian, selanjutnya masuk ke mode download dengan menekan secara bersamaan antara tombol Power, tombol Home, dan tombol Volume bawah.
  • selanjutnya Sambungkan antara kabel USB ke PC, setelah itu anda akan melihat ID: COM port berubah warna biru dan kotak pada Massage muncul tulisan Added berarti perangkat anda sudah terdeteksi oleh aplikasi Odin
  • Centang AP dan klik AP, kemudian cari dan pilih TWRP yang telah didownload tadi dengan format .tar.
  • selanjutnya Pastikan Auto Reboot and F.Reset Time sudah dicentang, untuk Re-partition tidak centang  atau abaikan saja.
  • untuk yang terakhir Klik Start untuk memulai downloading, tunggu sampai muncul pesan PASS pada Odin yang menandakan proses sudah selesai, TWRP sudah bisa dipakai.

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime Melalui TWRP

  • Sekarang anda bisa mulai mematikan hp samsung Galaxy J7 Prime untuk masuk ke aplikasi TWRP dengan menekan secara bersamaan antara tombol Power, tombol Home, dan tombol Volume atas
  • Setelah masuk ke recorvery, terdapat pilihan menu, pilih dan tekan instal zip update package
  • tekan choose zip from sdcard

    TWRP

    TWRP

  • Pilih file BETA-SuperSU-v2.74-2-20160519174328
  • Tunggu sampai proses selesai
  • Setelah proses root selesai, harus kembali ke pilihan menu CMW dan pilih reboot
  • Ponsel akan nyala dan selamat ponsel anda sudah terroot.

Baca Juga   :

Cara Root Samsung Galaxy J7 Prime tidak menggunakan PC serta Odin

  • Masuk ke Pengaturan ponsel anda selanjutnya pilih  Layar Kuci & Keamanan setelah itu  aktifkan Sumber tidak dikenal

    aplikasi kingroot

    aplikasi kingroot

 

  • Kemudian masuk ke masuk Playstore, selanjutnya unduh dan instal Aplikasi KingRoot
  • Setelah terinstal, selanjutnya buka KingRoot dan langsung klik/tap pada kata Try it selanjutnya pilih tulisan Get Now untuk memulai ngeroot. Aplikasi ini akan memproses dengan mencari database pada ponsel.

Itulah tadi  artikel tentang cara root Samsung J7 Prime, yang bisa anda praktekkan. Semoga anda terbantu dengan tutorial diatas, semoga bermanfaat bagi kita semua para pembaca.

 

Tutorial Root Samsung Galaxy J7 Prime Menggunakan PC dan Tanpa PC | admin | 4.5